56 Persen dari Penduduk Indonesia, Jawa Masih Jadi Kunci di Pemilu 2024



JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Mardani Ali Sera menyebut Jawa masih menjadi kunci kemenangan di Pemilu 2024. Menurut Mardani, Jawa masih mendominasi penduduk di Indonesia sebanyak 56 persen.


"Masih. Jawa ini masih menjadi kunci, karena demografinya," kata Mardani, Kamis (3/11/2022).


Dia merinci, Jawa Barat menjadi provinsi dengan penduduk terbanyak mencapai lebih dari 50 juta jiwa. Lalu, Jawa Tengah sebanyak sekitar 35 juta, dan Jawa Timur sekitar 30 juta jiwa.


Jumlah itu belum termasuk Yogyakarta, Banten, dan DKI Jakarta yang jika ditotal angkanya sekitar 56 persen dari sekitar 270 juta penduduk di seluruh Indonesia.


"Itu kalau digabung dengan Yogyakarta, Jakarta, dan Banten bisa 56 persen penduduk ada di Jawa. Jadi memang Jawa ini harus dijaga," katanya.


Mardani meyakini partainya akan meraup lebih banyak suara pada Pemilu 2024 dibanding 2019. Menurutnya, PKS akan menawarkan politik gagasan untuk menambah jumlah suara di Jawa.


Dia pun berpesan kepada calon legislatif dari partainya untuk berani. Dia meyakini Jawa akan menjadi basis pemilih PKS dalam Pemilu.


"Kampanye gagasan wajib. Tetapi pemilih tetap harus dijaga dan dilihat, karena pemilih bagaimanapun perlu yang riil, yang bukan cuma gagasan," katanya.***


Sumber cnnindonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel