Kajari Inhil Pimpin Rakor PAKEM di Rumah "Jembatan Asa"

INDRAGIRI HILIR Tuahkarya.com- Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir (Inhil) menggelar sekaligus memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat), Rabu (30/11/2022).

Rakor dilaksanakan di Rumah Restoratif Justice “Jembatan Asa” Desa Pulau Palas karena untuk memaksimalkan keberadaan Rumah RJ tersebut seperti arahan bapak Jampidum. 

Turut dihadiri Tim Pakem Inhil yaitu Rini Triningsih, SH.MHum selaku penanggung jawab Tim Pakem, H Arifin, S.Sos, MM Kepala Kesbangpol, Kepala Kantor Kemenag yg diwakili oleh Hairuddin, Kasat Intelkam Polres Inhil Iptu Iswanto, SH.MH, Pasi Intel Kodim 0314 Lettu inf Delmi Armansyah, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Syafruddin, Kadisparporabud diwakili Hariadi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kab Inhil H Nawawi, SK. Semua nama tersebut merupakan anggota Pakem yang dibentuk oleh Kajari Inhil. Selain itu, Haza Putra, Kasi Intel Kejari Inhil, yang dipercaya sebagai Ketua Tim PAKEM merangkap anggota juga turut serta hadir.

Pada Rakor tersebut, Rini Triningsih menyampaikan bahwa tujuannya dibentuk adalah untuk pengawasan terhadap aliran serta kepercayaan Agama yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Adapun tugas Tim Pakem ini adalah melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan dan Aliran Keagamaan yang ada di Indragiri Hilir," Jelas Rini.

Lebih lanjut"Kita lakukan pengawasan dan langkah-langkah preventif, deteksi dini, cegah dini jangan sampai ada aliran kepercayaan dan aliran agama di Inhil yeng menyimpang dari kaidah hukum dan bertentangan dengan agama yang dianut oleh Masyarakat Bangsa Republik Indonesia," Ujar Rini.

Akhir Rakor Pakem, Rini dengan berpesan kepada pengurus dan masyarakat agar untuk selalu berkordinasi jika menemukan hal janggal pada suatu aliran yang bertentangan dengan akidah keagamaan di Indonesia.

"Kita minta semua elemen masyarakat dan para tokoh agar selalu bekerjasama memberikan informasi jika ada hal aneh terkait sebuah aliran kepercayaan dan agam. Rapat ini merupakan evaluasi kerja Tim dan sbg langkah-langkah untuk optimalisasi kerja Tim Pakem kedepannya," Kata Rini.

"Pengawasan dan monitoring dilakukan yakni ahar aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang ada di Inhil tidak mengarah ke radikalisme dan bertentangan juga dengan ajaran agama yang telah diakui oleh Pemerintah. Tentunya supaya kondisi Keamanan dan ketertiban di Kabupaten Indragiri Hilir terjaga," Akhiri wanita berdarah Jawa tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel