Sulaimansyah Menduga Kadisbud Riau Tak Punya Program Kebudayaan

Poto: Sulaimansyah, Ketum BADKO HMI Riau-Kepri

PEKANBARU Tuahkarya.com- Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Riau-Kepri, Sulaimansyah meminta Gubernur Riau Syamsuar segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, yakni Raja Yose Rizal Zein. 

Pasalnya, Sulaimansyah menyebutkan bahwa Kepala Disbud Riau diduga tak punya program yang sejalan dengan Gubernur Riau soal bidang kebudayaan. 

Sulaimansyah mengaku tidak melihat tanda-tanda adanya pencapaian visi misi dalam program kerja Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, yang dimana menurutnya Riau adalah sebagai pusat kebudayaan melayu, dan itu tidak tampak dalam program kerjanya.

Pria lulusan UIN Suska Riau ini juga menyatakan kinerja Kadisbud tersebut tidak sejalan dengan apa yang sering disampaikan Gubernur Riau, bahkan visi-misi utama pada poin ke empat, yakni 'menjadikan budaya melayu payung negeri'.

"Budaya melayu yang mana diwujudkan dalam proses perjalanan masa kepimpinannya Kadisbud?" kata Sulaimansyah, Sabtu (5/11/2022). 

Lebih lanjut "Apakah cukup hanya dengan anugrah warisan budaya tak benda dan anugrah penghargaan lainnya yang dimaksud dengan menjadikan budaya melayu sebagai payung negeri," sambungnya. 

Tidak hanya itu, Sulaimansyah juga menyinggung soal budaya hukum adat istiadat serta norma yang selalu mengarah ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. Padahal, visi misi Gubernur Riau sudah jelas harusnya itu sejalan dan juga jadi tanggungjawab Kadisbud untuk menyesuaikan.

"Kita lupa dengan Disbud, apakah memang tidak punya program yang senada dengan Gubernur,?" ucapnya. 

Sulaimansyah juga menduga Kadisbud tidak punya program kebudayaan yang bersifat nyata ditengah masyarakat.  

"Lebih baik Kepala Dinas kebudayaan Riau segera evaluasi oleh bapak Gubernur Riau," Harapnya. 

Hingga berita ini diterbitkan, Media ini masih berupaya mencari jawaban dari Kadisbud Riau terkait pernyataan Ketua HMI BADKO Riau Kepri, Sulaimansyah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel