Dibawa Suku Kubu, Beruang Madu Jantan Nyasar ke Rumah Warga di Inhu

INDRAGIRI HULU Tuahkarya.com- Penyelamatan terhadap satu ekor anak beruang madu jantan dilakukan petugas Balai BKSDA Riau.

Beruang madu itu diselamatkan setelah ditangkap warga karena membuat resah saat warga hendak beraktivitas di permukiman.

Kepala Balai BKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan mengatakan awalnya beruang madu muncul di permukiman warga Desa Alim, Batang Cenaku, Indragiri Hulu sejak Senin (13/2) lalu. Warga melaporkan ada beruang madu berkeliaran.

"Senin kemarin masyarakat di Desa Alim resah karena kedatangan beruang madu dan masuk rumah. Bahkan berkeliaran di sekitar pekarangan," kata Genman, Jumat (17/2/2023).

Merasa resah, warga kemudian berinisiatif untuk menangkapnya. Selanjutnya malam pukul 22.00 WIB, beruang dapat ditangkap dan dilaporkan ke Bhabinkamtibmas serta Balai BKSDA Riau.

Esok harinya, tim dipimpin Kepala Resort Kerumutan Utara Sehat Nasution datang dan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas Desa Alim. Tim melakukan pengecekan bersama Bhabinkantibmas untuk evakuasi beruang madu.

"Kondisi fisik beruang sehat, umur kurang lebih 1 tahun, berkelamin jantan. Beruang telah dibawa ke kandang transit BBKSDA Riau untuk direhabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan lagi," kata Genman.

Hasil interogasi petugas, beruang madu itu diduga dibawa oleh Suku Kubu. Beruang kemudian ditinggal di Desa Alim sebelum akhirnya berkeliaran di permukiman warga.

"Menurut informasi Ketua RT setempat, beruang madu dibawa oleh suku Kubu kemudian ditinggal di Desa Alim. Pukul 17.30 WIB beruang berhasil dievakuasi," katanya.


 https://detik.com/detik/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel