3 Varietas Padi Unggul Inhil Direkomendasikan Kementan RI Jadi Benih Padi Nasional

BANDUNG, Tuahkarya.com- Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Umar Hamdi, S.Pt berkesempatan mengikuti pelaksanaan sidang pelepasan Varietas Padi lokal unggul spesifik, di Bandung, Kamis (13/10/2023).

Varietas merupakan sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies tanaman yang memiliki karakteristik tertentu seperti bentuk, pertumbuhan tanaman, daun, bunga, dan biji yang dapat membedakan dari jenis atau spesies tanaman lain, dan apabila diperbanyak tidak mengalami perubahan.

Pada konteks ini, Varietas yang dimaksud adalah pada tanaman padi unggul dan diyakini mampu menghasilkan perbaikan ekonomi masyarakat dalam jangka panjang.

Pada sidang tersebut, Umar Hamdi menuturkan ada 3 Varietas Padi yang di usulkan dalam sidang yang diikutinya tersebut.

"Ada 3 Varietas unggul lokal yang kita ajukan di sidang pelepasan Varietas ke Kementan RI, Karanduku, Bujang Keritang dan Karya Putih," Sebut Umar Hamdi.

Alhasil, Tim Evaluator PPVT (pusat perlindungan varietas tanaman) Kementan RI memberikan Rekomendasi ke 3 Varietas lokal Unggul ini untuk di lepas sebagai Varietas Benih padi Nasional.

Profesor SATOTO selaku pimpinan sidang dari PPVT Kementrian Pertanian RI menyambut baik kehadiran 3 varietas Padi dari Indragiri Hilir.

Bahkan, salah satu Tim Evaluator menyampaikan Varietas Bujang keritang yang memiliki produktifitas tinggi yaitu 7,8 ton perhektar akan direkomendasikan untuk ditanam juga didaerah food estate Kalimantan Selatan yang hari ini profitas padi pasang surutnya hanya 1,7 ton/hektar.

Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Junaidy Ismail mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan rekomendasi yang berikan oleh tim evaluator.

"Terimakasih, Kami pemerintah daerah merasa sangat bangga dengan Pencapaian Varietas Padi Inhil ini, sampai hari ini belum ada 1 varietas padi pun yang telah dimiliki," Ungkap Junaidy.

"Semoga kedepan kami Kabupaten Inhil terus mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat untuk menjadikan inhil sebagai lumbung pangan Riau, yang dimulai dari peningkatan kualitas dan benih unggul lokal," Tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel