Dandim 0314 Inhil Pimpin Upacara HSP ke 95 di Makodim

INDRAGIRI HILIR, Tuahkarya.com- Keluarga besar Komando Distrik Militer (Kodim) 0314 Indragiri Hilir (Inhil) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-95 di lapangan utama markasnya pada Sabtu, 28 Oktober 2023, pagi.

Inspektur upacara (Irup) langsung dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 0314 Inhil yakni Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M.Han. Selaku Komandan upacara yakni Letda Arm Muchazzar serta Perwira upacara Lettu Inf PM. Manurung yang diikuti para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0314 Inhil.

Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati pada amanatnya menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Bahwa setiap tanggal 28 oktober kita selalu memperingati hari sumpah pemuda," ujarnya.

Menurutnya HSP merupakan momen bersejarah yang memang sepatutnya harus dilaksanakan dalam sebuah peringatan. Tujuannya agar bangsa Indonesia selalu mengingat sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang telah berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam bingkai sumpah Pemuda yang telah melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

"Perkembangan teknologi yang saat ini kita rasakan membuat kesenjangan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Untuk itu setiap pemuda perlu mempunyai visi misi dan kesadaran diri dalam menjalankan peran strategis agar pembangunan dapat berlari lebih cepat," kata Dandim.

Salah satu strategi paling ampuh ialah dengan membangkitkan kembali semangat tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor. Hal itu sesuai dengan amanah undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, dan juga sesuai dengan Perpres nomor 43 tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

"Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," ujar Dandim 0314 Inhil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel