DPTPHP Inhil Dukung Pemdes Harapan Jaya Wujudkan Program Ketahanan Pangan

INDRAGIRI HILIR, Tuahkarya.com- Sebagai wujud upaya menjaga ketahanan pangan secara maksimal, Pemerintah Desa (Pemdes) Harapan Jaya melaksanakan penyerahan bantuan ketahanan pangan bagi Kelompok Nelayan Budidaya “Kayuh Baimbai” pada hari Sabtu, (14/10/2023) pagi.

Bantuan tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat yakni terkait program Ketahanan Pangan 20 % yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Penyerahan bantuan dalam bentuk bibit ikan tersebut dilaksanakan dikediaman Bapak Rasidi, S.Pi.M.AP selaku Ketua Kelompok Nelayan Budidaya “Kayuh Baimbai” dan dihadiri oleh Kepala Desa Harapan Jaya, Perangkat Desa, Ketua BPD, Penyuluh, Sekretaris Gapoktan serta Anggota Kelompok.

Tercatat ada 2 kelompok yang menerima bantuan ketahanan pangan ini yaitu Kelompok Nelayan Budidaya “Kayuh Baimbai” dengan total 4.500 ekor bibit ikan gurame dan Kelompok Ternak “Karya Manunggal” mendapatkan 3 ekor sapi jantan untuk penggemukan yang juga telah diserahkan pada Sabtu, 7 Oktober 2023 lalu.

Rasidi selaku Ketua Kelompok Kayu Baimbai berharap agar bisa dimaksimalkan secara optimal.

 “Semoga dengan adanya bantuan ini Kelompok Kayuh Baimbai benar-benar menjadi pelaku usaha budidaya yang profesional” ujarnya.

Kepala Desa Harapan Jaya menyampaikan bahwa Program Ketahanan Pangan ini bersifat wajib untuk dilaksanakan di Desa, hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor:201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa serta Keputusan Menteri Desa Nomor 82 tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa, dengan tujuan menanggulangi kemiskinan, pencegahan stunting dan selain itu juga dengan adanya program ketahanan pangan ini diharapkan agar apa yang telah diberikan kepada kelompok dapat dikembangkan dengan baik.

Selain itu, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir, saat dikonfirmasi Umar Hamdi S.Pt menyebutkan bahwa pihaknya sangat mendukung ketahanan pangan yang dilakukan Pemdes Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling.

"Pemdes Harapan Jaya memang sering berdiskusi dengan kami soal upaya ketahanan pangan, Alhamdulillah terlaksana niat baik itu, tentunya kita dukung penuh agar selalu berkelanjutan," Sebutnya.

Umar Hamdi juga menuturkan soal apa yang di lakukan Pemdes Harapan Jaya sangat relevan dengan tema hari pangan sedunia pada 16 Oktober 2023.

Peringatan Hari Pangan Sedunia itu mengusung tema "Water is life, water is food. Leave no one behind" atau "Air adalah kehidupan, air adalah makanan. Jangan tinggalkan siapa pun".

"Sangat sejalan dengan hari pangan sedunia di tahun ini yang secara umum bahwa air merupakan bagian dari sumber kehidupan manusia, sebab itulah mungkin alasan Pemdes Harapan Jaya mengoptimalkan bantuan ikan kepada kelompok nelayan di Desanya, Apresiasi yang tinggi kami berikan," Tutur Umar Hamdi menutup pernyataannya saat diwawancarai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel