HMI Komisariat Ekonomi Unisi Wujudkan Pengabdian Nyata ke Masyarakat

INDRAGIRI HILIR, Tuahkarya.com- Energi semangat untuk sebuah pengabdian kepada masyarakat sudah lahir sejak lama pada tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Itulah yang nantinya menjadi landasan penting ketika seorang insan intelektual ingin mengimplementasikan ilmunya ditengah masyarakat.

Sebagai upaya mewujudkan itu semua, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Unisi menggagas sebuah program pengabdian nyata yang diberi nama "HMI Mengabdi" dengan Tema "HMI, tetap Menjadi Harapan Masyarakat Indonesia".

Program tersebut mereka jalankan di Desa Gemilang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir., dari tanggal 12 - 15 Oktober 2023. Mereka mengakui dari gagasan program itulah muncul kekuatan positif yang akan membantu menciptakan perubahan yang berarti dalam masyarakat sekitar.

Progam yang dijalankan HMI Komisariat Ekonomi Unisi tersebut terdiri pula dari beberapa bidang kegiatan didalamnya, pertama dari sektor Pendidikan.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Unisi bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Daerah menghadirkan Perpustakaan Keliling di SD Negeri 018 Desa Gemilang Jaya dan melakukan Pembinaan Perpustakaan, serta bimbingan dan motivasi belajar untuk siswa/siswi, dari Kader HMI Komisariat Ekonomi Unisi.

"Kami menyadari pentingnya memberikan dukungan pendidikan kepada generasi penerus dan dengan tekun melakukannya" Ucap Ketua Panitia Sapriyanto.

Kedua di sektor Ekonomi, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Unisi terlibat secara langsung dalam pembinaan kewirausahaan sosial seperti inovasi dan strategi promosi dan lainnya yang mendorong pembangunan ekonomi lokal.

"Dengan mempromosikan keterampilan bisnis dan memberikan sumber daya kepada wirausaha muda, mereka membantu mengurangi tingkat pengangguran dan mendorong pertumbuhan Ekonomi yang berkelanjutan". Sebut Koordinator Ekonomi HMI Mengabdi-Muhammad Agis.

Tidak hanya itu, dalam aspek sosial, Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ekonomi Unisi berfokus pada perempuan sebagai salah satu pemilih dalam pemilu dan juga pada bidang Pertanian.

Mereka mengerahkan tenaga dan sumber daya untuk mengedukasi masyarakat khususnya perempuan tentang informasi yang akurat mengenai Pemilu yang akan dilaksanakan 2024 terkait aturan dan hal penting yang mencakup dalam hal tersebut, yang mana bekerjasama dengan Divisi SDMOD Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir Ibu Musdaliffa, SE.,M.Ak.

Untuk bidang Pertanian yaitu kegiatan penyuluhan pertanian dan penanaman bersama dengan tema "Tiada Hari Tanpa Tanam" Bekerjasama dengan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Indragiri Hilir yang dihadiri Ketua KTNA Bapak H.M. Yusuf Said sebagai Pemateri.

"Dalam hal dilaksanakannya Kegiatan sosial adalah upaya menumbuhkan kesadaran bersama masyarakat dan untuk masyarakat, bagaimana kita secara bersama sama sadar pentingnya hak sosial masyarakat secara umum, Terimakasih atas dukungannya ketua KTNA bapak H.M Yusuf Said," Ujar Monalisa Anggreani Koordinator Sosial HMI Mengabdi.

Pengabdian Himpunan Mahasiswa Islam ini mencerminkan semangat sukarela dan komitmen yang kuat untuk membangun masyarakat yang lebih baik.

Aditya Ramadhan SE selaku Ketua Umum HMI Komisariat Ekonomi Unisi menyampaikan output yang diharapkan agar kedepannya mampu menjadi orang yang visioner.

"Mereka bukan hanya menjadi pelajar yang pintar di dalam kelas, tetapi juga agen perubahan yang berdedikasi di luar kampus" Ucapnya.

"Dalam sebuah dunia yang selalu berubah, semangat dan inisiatif Himpunan Mahasiswa Islam dalam HMI Mengabdi adalah pendorong utama dalam menciptakan perubahan positif di komunitas lokal dan lebih luas. Teruslah berinovasi dan berkolaborasi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat" Lanjut Ketua Umum HMI Komisariat Ekonomi Unisi.

Kepala Desa yang diwakili Sekretaris Desa menyampaikan rasa bangga dan memberi apresiasi serta terimakasih kepada HMI Komisariat Unisi.

"Ya, memang benar yang dilaksanakan HMI Komisariat Ekonomi dalam HMI Mengabdi adalah Kegiatan di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, kegiatan yang sangat memberi manfaat untuk masyarakat. Kami berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan HMI Komisariat Ekonomi ini, semoga kegiatan HMI mengabdi ini bisa terus dilaksanakan" Ujarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel