Dukung Produksi Padi Unggulan, DPTPHP Inhil Serahkan 1 Vertical Drayer ke Poktan di Keritang


KERITANG, Tuahkarya.com- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DPTPHP) melakukan peninjauan terhadap kondisi produksi padi pada sawah masyarakat di Desa Seberang Pambenaan, Kecamatan Keritang, pada Senin, (20/11/2023) siang.

Agenda peninjauan tersebut dipimpin langsung Kepala DPTPHP Inhil, Umar Hamdi.,ST dengan didampingi sejumlah staf dan jajarannya.

Umar Hamdi menyebutkan bahwa produksi Padi di Inhil pada umumnya memiliki potensial yang sangat unggul baik tingkat lokal dan nasional. Dirinya juga mengatakan bahwa Pemkab Inhil selalu mendukung segala upaya yang dilakukan petani agar produksi terus berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.

"Kita bersyukur bahwa Padi di Kabupaten Inhil memiliki keunggulan tersendiri baik tingkat lokal hingga nasional, sehingga mesti kita dukung para petani untuk terus memproduksi padi lebih banyak lagi kedepannya," ujarnya.

Hal itu disampaikan Umar Hamdi sebagai bentuk dukungan Pemkab Inhil dalam upaya peningkatan produksi Padi dan peningkatan kualitas mutu beras di Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain memberi dukungan melalui berbagai program yang berpihak kepada masyarakat pada sektor pertanian, Bupati Inhil melalui Kepala DPTPHP Inhil Umar Hamdi juga menyerahkan 1 unit alat Vertical Drayer kepada Kelompok Tani Sentosa di Desa Seberang Pambenaan, Kecamatan Keritang. Potensi lahan sawah yang sangat luas di Kecamatan Keritang khususnya di Desa Seberang Pambenaan sangat bagus, harus didukung dengan sarana prasarana yang terbaik.

"Kita kemaren sudah menyerahkan alat pasca panen di Kecamatan Keritang, yaitu 1 unit Vertical Drayer melalui kegiatan APBN. Alhamdulillah pada tahun ini kita mendapatkan alokasi dari pusat untuk 1 unit Vertival Drayer ini," paparnya.

Lebih lanjut, Umar Hamdi menjelaskan bahwa Kecamatan Keritang merupakan wilayah sentra padi terluas di Inhil bahkan Riau.

Maka dari itu alat Vertical Drayer diusulkan kepada Pemerintah Pusat. Tentunya sebagai sarana prasarana yang diharapkan bisa digunakan sebagai penunjang meningkatkan produktivitas padi terbaik pada masa yang akan datang.

"Semoga dengan bantuan alat Vertical Drayer ini petani semakin maksimal menghasilkan beras dengan kualitas premium dan tentunya kedepan bisa bersaing dengan beras-beras luar yang masuk ke Inhil," jelas Umar Hamdi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel