DPTPHP Inhil, BPP Kempas dan Poktan Karya Tani Tanam Padi Varietas Unggul

KEMPAS, Tuahkarya.com- Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kempas melaksanakan tanam padi serentak yang dipusatkan Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani Kelurahan Kempas Jaya, Sabtu, (02/12/2023) pagi.

Dalam kesempatan itu hadir PJ Bupati Indragiri Hilir H.Herman yang diwakili Kepala DPTPHP Inhil Umar Hamdi S.Pt, Kabid TPH, Camat Kempas, Kapolsek Kempas, Danramil 03 Tempuling dan Lurah Kempas Jaya serta yang lainnya.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka pemenuhan ketersediaan gabah untuk mengatasi berkurangnya produksi yang disebabkan terdampak elnino pada musim tanam April-September 2023 lalu," ujar Eko Pirmanto selaku Koordinator BPP Kempas.

"Sebagaimana arahan bapak kepala DPTPHP Kabupaten Inhil dan kami pusatkan di Kelompok Tani Karya Tani Kelurahan Kempas Jaya dengan luasan 35 hektare dengan varietas Ciherang, untuk Kecamatan Kempas target tanam 1600 hektare hingga akhir Desember 2023 akan tercapai," papar Eko Pirmanto, Koordinator BPP Kempas saat ditemui media.

Sementara itu Kepala DPTPHP Inhil Umar Hamdi, S.Pt menyebutkan musim tanam Oktober-Maret untuk Inhil terpaksa sedikit terlambat.

Hal itu terjadi dikarenakan dampak kekeringan akibat elnino masih terjadi baru pertengahan November ini mulai turun hujan, sehingga penanaman padi baru bisa dimulai di awal Desember ini.

“Kami berkeyakinan pada MT Oktober-Maret ini produksi akan lebih baik dari musim tanam lalu. Hal ini cukup beralasan mengingat semangat petani untuk tanam padi cukup tinggi, harga gabah menjanjikan, bahkan ada dibeberapa tempat yang sudah lama areal sawahnya tidak ditanami saat ini sudah mulai tanam padi seperti di Lahang Hulu Kecamatan Gaung dan beberapa wilayah lainnya," papar umar Hamdi.

Umar Hamdi juga menambahkan bahwa padi varietas unggul yang ditanam sangat beragam baik pera maupun pulen.

"Kecamatan Kempas didominasi varietas IR64, Ciherang dan Batang Piaman, sementara di Indragiri Hilir bagian selatan menggunakan varietas unggul lokal seperti Karya Putih, Karan duku dan Bujang Keritang yang beberapa waktu lalu sudah lulus uji di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul nasional," kata Umar Hamdi.

Kapolsek Kempas Iptu Mardani dikesempatan yang sama menyampaikan apresiasi atas terlaksananya tanam padi serentak di Kelurahan Kempas Jaya.

Menurutnya kerja sama petani melalui kelompok tani saat melakukan tanam serentak akan berdampak pada meningkatnya produksi sehingga ketahanan pangan dalam hal ini ketersediaan beras untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di Indragiri Hilir akan tercapai.

“TNI-Polri siap bergandengan tangan dengan Pemerintah setempat, Penyuluh dan Petani dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan di Indragiri Hilir” tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel