SAR Pekanbaru Gelar Rakor Bersama Sejumlah Stackholder Terkait di Tembilahan

TEMBILAHAN, Tuahkarya.com- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru menggelar rapat koordinasi Search And Rescue (SAR) bersama sejumlah stakeholder terkait di Hotel Tembilahan pada Senin, 4 Desember 2023, pagi.

Peserta rapat koordinasi yang hadir tercatat sebanyak 48 orang yang berasal dari sejumlah organisasi dan Instansi terkait di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Turut hadir pada pembukaan rapat koordinasi SAR yakni Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Pencairan dan Pertolongan Laksmana Muda TNI Ribert Eko Suyatno, SE, MM, Direktur Operasi dan Latihan Pencarian dan Pertolongan (Kepala Kantor SAR Pekanbaru) Budi Cahyadi S.Sos, MM, PJ Bupati Inhil yang diwakili Asisten III Fajar Husein, Kodim 0314 Inhil, Polres Inhil, Perwakilan TNI AL, Kepala POS SAR Tembilahan, Kepala Dishub, DPKP, KPPBC Tembilahan, Tokoh masyarakat dan lainnya.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi S.Sos, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat guna menyatukan pola pikir dan pola tindak dalam setiap kecelakaan di Indragiri Hilir.

"Rapat koordinasi ini sebagai sarana atau media konsolidasi antara Kantor Pencarian dan Pertolongan dengan Dinas/Lembaga guna meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan memperkokoh kerjasama.

Maka dengan terjalinnya kerjasama dan sinergitas antara semua unsur, baik itu Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan masyarakat keberhasilan operasi SAR dapat terwujud," ujarnya.

Rapat ini tentunya sangat penting supaya setiap peserta siap dalam menanggulangi kejadian darurat dan dapat melakukan pertolongan kepada orang yang membutuhkan.

"Kita semua tidak berharap adanya musibah atau bencana, tapi kalau itu terjadi kita semua sudah siap," pungkasnya.

Diketahui rapat koordinasi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru Tahun 2023 berlangsung selama dua hari pada tanggal 04 s.d 05 Desember Tahun 2023, Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 48 orang yang berasal dari 24 Instansi/organisasi dan merupakan potensi pencarian dan pertolongan serta dinas terkait wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

Adapun narasumber dalam rapat koordinasi tersebut berasal dari Kantor Pusat Badan Pencarian dan Pertolongan sebanyak 1 orang, dan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tembilahan sebanyak 2 orang, adapun materi yang disampaikan yakni tentang manajemen operasi Pencarian dan Pertolongan, serta keselamatan Transportasi dan Kecelakaan kapal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel