Disporabudpar Gelar Pelatihan Kelompok Sadar Wisata di Tembilahan

TEMBILAHAN, Tuahkarya.com- Pelatihan Kelompok Sadar Wisata yang ditaja oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir dilaksanakan di Hotel Inhil Pratama Tembilahan 12 s/d 14 Mei 2024.

Kelompok Sadar Wisata atau disingkat POKDARWIS merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata desa dan mensukseskan pembangunan pariwisata daerah/nasional.

"Tujuan dari dilaksanakan Pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada anggota kelompok sadar wisata yang ada di kabupaten Indragiri Hilir, dan diharapkan dengan adanya Pelatihan ini dapat lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Daerah Wisata" ujar Dessi Erfina selaku Kabid Pariwisata dalam sambutannya.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 orang dari 6 Kecamatan yang ada di Kab. Inhil antara lain: Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Kuindra, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tempuling, Kecamatan Kempas, dan Kecamatan Kemuning.

Narasumber yang akan memberikan materi pada Pelatihan ini antara lain Bapak Osvian Putra dan Syarifah Perita.

Kadis parporabud dalam sambutannya berharap dengan diadakannya Pelatihan Kelompok Sadar Wisata ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang Pariwisata khususnya Pembinaan maupun Pengembangan Wisata baik dari segi fasilitas dan pelayanan terhadap wisatawan"

Untuk diketahui Kabupaten Indragiri Hilir saat ini memiliki 6 Pokdarwis yang tertuang dalam SK Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir Nomor: kpts. 05/DPPOK-PAR/II/2021 Tentang Pengukuhan Kelompok Sadar Wisata. Adapun 6 Pokdarwis tersebut diantaranya: Pokdarwis Taman Wisata Anugrah dari Sungai Luar, Pokdarwis Indah Pertiwi dari Desa Pulai Indah, Pokdarwis Intan Berkilau dari Sungai Intan, Pokdarwis Delapan Enam dari Desa Keritang Hulu, Pokdarwis Bidari Lestari dari Desa Tanjung Pasir, Pokdarwis Pantai Solop dari Desa Pulau Cawan, dan yang terbaru Pokdarwis dari Desa Teluk Dalam. (ADV)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel