PLN Icon Plus Sampaikan Materi Edukasi Industri untuk Sekolah Vokasi

TANJUNGPINANG, Tuahkarya.com– PLN Icon Plus selaku Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) memenuhi undangan sebagai narasumber untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 4 Tanjungpinang, dengan membawa materi "Edukasi Industri Untuk Sekolah Vokasi", Senin (13/5/2024).

Materi tersebut berisi tiga sub-topik, yakni Implementasi Budaya AKHLAK, Teknologi IT Industri Global Terupdate, dan Proyeksi Lulusan Vokasi Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ).

Acara yang berlangsung dua jam di lokasi Gedung Serba Guna SMKN 4 Tanjungpinang tersebut diikuti oleh tiga kelas TKJ beserta guru pendamping, dengan pembicara Imam Prasetyo, Manager Kantor Perwakilan Batam Kepri PLN Icon Plus.

Edukasi core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang merupakan landasan Budaya di PLN Icon Plus ini ditanggapi positif oleh para siswa.

Selain mendapatkan referensi untuk pedoman budaya keseharian di sekolah, ilmu core value AKHLAK bisa menjadi modal ketika siswa akan mengikuti seleksi di BUMN nantinya.

"Materi dibawakan dengan pola diskusi dan berpikir bersama, bukan seperti pola mengajar konvensional, jadi asyik saja dan lebih masuk di kita," ujar Julia, salah seorang siswi yang mengikuti acara tersebut.

Atas nama peserta, Julia menyampaikan terima kasih kepada PLN Icon Plus. "Semoga lebih sering mengedukasi kami seperti ini, generasi penerus bangsa lho," harap Julia. 

Sementara itu, Koordinator guru pendamping SMKN 4 Tanjungpinang, Drs. Nasroh, mengatakan edukasi teknis yang diberikan bisa memberi gambaran ilmu terupdate dari industri, sehingga bisa menguatkan pendidikan vokasi di sekolah.

Dia menjelaskan, materi yang diberikan di sub-topik teknis adalah Teknologi Internet, Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Green Industry 4.0, Blockchain, Cellular Mobile Connectivity, dan "use case" implementasi jaringan Fiber Optik di ISP.

"Kami berharap edukasinya tidak berhenti sampai di sini, jika diperkenankan kami akan melakukan kunjungan ke kantor PLN Icon Plus KR Tanjungpinang untuk hands on dan melihat secara langsung," sebut Nasroh.

Terpisah, General Manager PLN Icon Plus SBU Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Bahru Rodi Ilmawan, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk dedikasi PLN Icon Plus untuk mendukung dunia pendidikan dan menyukseskan program Kurikulum Merdeka dari Pemerintah. 

"PLN Icon Plus selaku subholding beyond KWH PT. PLN (Persero) berkomitmen menyediakan keandalan konektivitas dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada dunia pendidikan vokasi di Indonesia," ujarnya, Jumat (17/5/2024).

Dalam pada itu, Direktur Utama PLN Icon Plus, BAri Rahmat Indra Cahyadi, menegaskan jika PLN Icon Plus siap menjadi pendobrak transformasi digital dengan mendukung segala solusi Beyond KWH di sektor pendidikan, untuk mewujudkan program Merdeka Belajar dari Pemerintah Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel