Disparporabud Inhil Gelar Pelatihan Kelompok Sadar Wisata di Tembilahan

TEMBILAHAN, Tuahkarya.com- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Pelatihan Kelompok Sadar Wisata di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan, Senin (12/05/2024) pagi.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil, serta menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan diikuti sebanyak 30 perwakilan pengelola Pokdarwis Kabupaten Inhil.

Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil Qudri Rama Putra, S.H, M.H., menyampaikan bahwa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan lembaga di masyarakat yang memiliki beberapa anggota terdiri dari pelaku kepariwisataan yang harus mempunyai sifat bertanggung jawab dan empati serta memiliki peran sebagai penggerak dalam mendukung berkembangnya kepariwisataan dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. 
“Tidak hanya infrastruktur, kompetensi sumber daya manusia (SDM) pengelola sektor Pariwisata menjadi faktor penting dalam menunjang kemajuan sektor Pariwisata di Inhil,”ucap Qudri.

"Peran masyarakat dalam mengembangkan pariwisata sangat penting, karena itu bukan hanya Pokdarwis yang akan mendapat manfaat namun juga akan meningkatkan ekonomi daerah itu sendiri," sambungnya.
Ia mengajak semua pihak agar meningkatkan sektor pariwisata itu untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita jangan takut berkreasi, Pariwisata ini jalan besar untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” ajaknya.

Lanjutnya, para peserta latihan nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat kemudian menjadikan Desa sebagai tempat destinasi wisata, dan dapat memberdayakan masyarakat Desa.
“Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan Desa wisata. Yang jelas apa yang menjadi program dan tujuan dari Pordawis ini pertama tentu menambah jumlah kunjungan wisatawan. Karena ini kelompok jadi kita harus bekerja sama untuk mencapai hal tersebut, jika kunjungan meningkat tentunya perekonomian daerah tersebut juga akan meningkat,” jelasnya.
Terakhir ia mengatakan, jika mau meningkat kunjungan pertama harus bikin event, selain itu juga dapat meningkatkan UMKM daerah tersebut.

“Biasanya jika tidak dilaksanakan event masyarakat tidak akan datang ke daerah tersebut. Nah, Insyaallah tahun ini kita akan mengadakan event Pacu Pompong di Desa Sungai Luar,” tutupnya. (Galeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel