Presiden RI dan Sejumlah Menteri Pakai Baju Melayu, PJ Bupati Inhil Pakai Baju Adat Banjar

INDRAGIRI HILIR, Tuahkarya.com- PJ. Bupati Indragiri Hilir, H. Herman, SE, MT tampak cerah saat mengenakan pakaian adat Banjar dengan warna merah dalam menghadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang digelar secara nasional di Lapangan Garuda PHR Dumai Blok Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau. Pada Sabtu (1/6/2024).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menjadi inspektur upacara (irup).

Seperti diketahui, setiap tanggal 1 Juni diadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Tahun ini upacaranya (1 Juni 2024) dilaksanakan secara nasional pada tahun 2024 di Kota Dumai.

Sebagai informasi, peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 tahun ini mengusung tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'. Peringatan ini merupakan wujud Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai pedoman dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Turut hadir Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, tampak Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Pj Gubernur dan Bupati Walikota Provinsi Riau serta tamu lainnya.

Presiden Joko Widodo menjelaskan kekayaan negara dijamin sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa, mengelolanya dan memanfaatkannya sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat.

“Salah satunya Blok Rokan di Riau, tempat yang kami gunakan untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,” ujarnya.

Presiden menambahkan, PT Freeport dan Blok Rokan hanyalah beberapa contoh semangat dan upaya Indonesia untuk mencapai kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi dalam rangka mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata.

Sementara itu, dalam keterangan singkatnya, Pj Bupati Inhil Herman mengatakan “Pancasila merupakan wadah pemersatu bangsa, oleh karena itu peringatan Hari Lahir Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk memperkuat rasa gotong royong, solidaritas dan rasa persatuan yang kuat khususnya bagi masyarakat. pembangunan di segala bidang dalam menunjang kemajuan di Riau khususnya Kabupaten Indragiri Hilir.” (Adv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel