Dinkes Inhil Ungkap Lansia Butuh Gizi yang Cukup

TEMBILAHAN, Tuahkarya.com- Lansia adalah tahap yang paling akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia. Lansia selalu dikaitkan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup dan kepekaan secara individual. 

Bagi lansia, masalah kesehatan yang sering terjadi saat ini adalah angka kesakitan akibat penyakit degeneratif meningkat jumlahnya disamping masih ada kasus penyakit infeksi dan kekurangan gizi. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hilir (Inhil) Rahmi Indrasuri SKM., MKI, masalah gizi pada lansia muncul dikarenakan perilaku makan yang salah, yaitu ketidak seimbangan antara konsumsi gizi dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. 

"Pemenuhan kebutuhan gizi lansia yang diberikan dengan baik dapat membantu dalam proses beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang dialaminya," ungkapnya.

Selain itu, menjaga kelangsungan pergantian sel-sel tubuh sehingga dapat memperpanjang usia.

Berikut dibeberkannya kebutuhan gizi lansia:

• Sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang padat gizi

• Membatasi konsumsi gula, garam dan lemak jenuh

• Membiasakan mengkonsumsi sumber kalsium dan vitamin D, seperti ikan, susu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Sering terpapar sinar matahari pagi juga dapat membantu pembentukan vitamin D aktif dalam tubuh

• Membiasakan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian terutama sayuran yang berwarna hijau, merah atau orange

• Minum air putih sesuai kebutuhan

• Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, Kalium dan Zat Besi. (Adv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel