PUSKESMAS Simpang Gaung Ikut Sukseskan PIN Polio Serentak

GAUNG, Tuahkarya.com- UPT Puskemas Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir ikut mensukseskan pelaksanaan pencanangan PIN Polio Serentak di wilayah kerja Puskemas Simpang Gaung, Selasa 23 Juli 2024.

Dari data yang di terima dari kepala UPT Puskemas Simpang Gaung, Aprita Dewi, SST, M.K.M di hari pertama pelaksana PIN Polio di Simpang Gaung 0-59 bulan sebanyak 104, Belantaraya 0-59 bulan 117, Pungkat 0-59 bulan 98. 

Sementara untuk usia 5 sampai 7 tahun sebanyak 23, Gembira 0-59 bulan sebanyak 51, 5 sampai 7 sebanyak 16, Setia budi 5 sampai 7 th sebanyak 19, Semambu kuning 0-59 bulan sebanyak 39.

Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes dan suntik.

Pemberian imunisasi lengkap atau kombinasi imunisasi polio tetes (OPV) dan imunisasi polio suntik (IPV) diperlukan untuk membentuk kekebalan yang optimal terhadap semua virus polio.

Cakupan imunisasi polio, baik tetes maupun suntik, harus mencapai 95% dan merata di suatu wilayah untuk membentuk kekebalan kelompok. Hal ini untuk mencegah virus polio menyebar luas dan memicu munculnya kasus polio berisiko. (ADV)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel