Pemkab Inhil Launching Beras Premium, Dandim 0314 Inhil Berikan Apresiasi

INDRAGIRI HILIR, Tuahkarya.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DPTPHP) Indragiri Hilir (Inhil) resmi "Launching Beras Indragiri Hilir Cita Rasa Negeri Hamparan Kelapa Dunia", dijalan Swarna Bumi Tembilahan Kabupaten Inhil, Minggu (11/08/2024) pagi.

Beras Cita Rasa Negeri Hamparan Kelapa Dunia merupakan produk asli dihasilkan para petani di Kabupaten Indragiri Hilir yang sudah teruji dilabaratorium, Surabaya.

Penjabat Bupati (Pj) Indragiri Hilir (Inhil), H. Erisman Yahya diwakili Kadis PTPHP Inhil, Umar Hamdi mengatakan kegiatan berlangsung dengan tiga konsep utama.

Diantaranya Launching Beras Inhil, Launching Benih Padi Varietas Lokal Spesifik Indragiri Hilir dan Pencanangan Gerakan Konsumsi Beras Inhil.
"Kegiatan ini telah melewati proses yang cukup panjang, kami telah melewati beberapa tahapan seperti pelepasan benih padi varietas lokal spesifik Indragiri Hilir melalui kerjasama dengan BSIP Kementerian Pertanian RI." Ujar PJ Bupati Inhil Erisman Yahya melalui Kadi DPTPHP Inhil.

Hal tersebut agar kedepannya kebutuhan dan ketersediaan benih yang sesuai kebutuhan petani di Kabupaten Indragiri Hilir dapat terpenuhi dengan baik sehingga upaya peningkatan produksi padi maupun produksi beras dapat tercapai.

Sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas beras, pemkab inhil menyediakan peralatan mekanisasi pertanian disetiap tahapan produksi, khususnya pada tahapan pasca panen terus diupayakan.
"Saat ini Kabupaten Indragiri Hilir telah memiliki beberapa RMU yang sesuai standar dan didukung oleh peralatan lainnya seperti Pengering Vertikal dan Penyortir Warna." Tambahnya.

Dengan adanya sarana itu, diyakini kualitas beras Inhil kedepannya akan mampu bersaing dengan produk-produk dari luar daerah yang selama ini menguasai pasar di Kabupaten Indragiri Hilir.

Dengan hasil pengujian yang telah dilakukan di laboratorium tersebut menyatakan bahwa berdasarkan beberapa parameter yang diuji, dari 3 sampel beras yang dikirim 2 diantaranya masuk dalam rentang kategori kelas mutu "PREMIUM" dan 1 sampel lainnya masuk dalam kelas mutu "MEDIUM".
Ditempat yang sama, Dandim 0314 Inhil, Letkol Nur Fikky Kuncuro Jati dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada pemkab Inhil yang telah memberikan dukungan atas ketahanan pangan untuk masyarakat lewat progam pencanangan 3000 Hektar padi varietas unggul.

"Setelah Gubernur dan Danrem 031 Wibrabima teken Mou, kita melanjutkan program ketahanan pangan nasional untuk masyarakat Inhil khususnya pada benih Padi, ini tujuannya agar produksi padi masyarakat bisa lebih baik lahi di Inhil," ujarnya.

"Bersamaan ini Alhamdulillah kita bisa launching beras hasil produksi yang sudah uji laboratorium dan dinyatakan 2 premium dan 1 medium, Terimakasih pemkab Inhil atas dukungan kepada kelompok tani," ujar Dandim 0314 Inhil.

Untuk di ketahui, turut hadir unsur Forkopimda, Dandim 0314, Kapolres Inhil, Kajari Inhil, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, H.Herman, Perwakilan Perusahaan, Ketua KTNA Inhil, dan Kepala OPD lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel