PJ Bupati Erisman Yahya Tanggapi Keluhan PPPK Inhil Terkait Penggajian

TEMBILAHAN, Tuahkarya.com- Pasca dilantik beberapa waktu lalu, kehadiran PJ Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.Erisman Yahya di Negeri hamparan kelapa dunia seolah membawa keberkahan yang patut disyukuri bagi para tenaga pengajar dan tenaga kesehatan.

Pasalnya, sebanyak 1469 orang CPNS yang diangkat menjadi PNS dalam formasi PPPK tahun 2023 dan dilantik pada tahun 2024, sempat mengeluh atas keterlambatan pembayaran gaji selama dua bulan, yakni Juli-Agustus.

Keluhan tersebut bukan tidak beralasan, proses belajar mengajar terus dilakukan oleh mereka yang telah dilantik PJ Bupati sebelumnya.

Tenaga pengajar yang berada di berbagai pelosok kesulitan mencukupi kebutuhan rumah tangga, belum lagi kebutuhan lainnya. Hingga berakhir jabatan PJ sebelumnya para guru tersebut belum menerima gaji sama sekali.

Kendati demikian, setelah 10 hari PJ Bupati Inhil H.Erisman Yahya dilantik PJ Gubri, Pemkab Inhil melalui PJ Bupati H.Erisman Yahya menyampaikan kepada awak media bahwa segala upaya telah dilakukan dan dirinya meminta dinas terkait segera menanggapi keluhan PPPK tersebut.

Penggajian untuk PPPK formasi pengangkatan tahun 2024 yang berjumlah 1469 yang terdiri dari tenaga guru 1438 orang dan tenaga kesehatan 31 orang bedasarkan data yang terdapat pada Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).

Tepat 10 hari menjabat upaya tersebut tuntas, para tenaga pengajar menerima gajinya. Hal tersebut mendapat respon positif dari salah satu PPPK Inhil.

"Terimakasih pak PJ Bupati Inhil, kehadiran bapak seperti membawa keberkahan, terimakasih juga Pemkab Inhil sudah mengupayakan yang terbaik," ujarnya yang tidak ingin disebutkan namanya.

PJ Bupati Inhil Erisman Yahya juga mengungkapkan bahwa untuk proses penggajian bulan September 2024 sudah masuk dalam tahap penginputan data.

"Untuk gaji yang bulan September sedang dalam proses usulan ke Pusat, kita berharap para tenaga pengajar yang masuk dalam PPPK formasi 2023 dan dilantik tahun 2024 bisa lebih semangat lagi demi tercapainya hak belajar di dunia pendidikan formal," ujar PJ Bupati Inhil Erisman Yahya, Senin (26/08/2024).

Untuk diketahui, total usulan Pemkab Inhil kepada pusat untuk Pembayaran gaji bulan September mendatang yakni sebanyak Rp.5,7 Milyar.

Sebanyak 1438 guru yang menerima gaji, jika totalkan mencapai angka Rp.4,6 milyar ditambah tunjangan melekat Rp.1,02 milyar rupiah.

Sedangkan untuk 31 orang tenaga kesehatan, Pemkab Inhil mengusulkan pembayaran gaji dengan total anggaran sebanyak Rp.98,4 juta, dan tunjangan melekat sebesar Rp.19,8 juta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel