Kolaborasi PLN Icon Plus dan PLN Sumbar Hadirkan Inovasi Layanan Sistem Contact Center Terintegrasi

PADANG, Tuahkarya.com– Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan inovasi dalam sektor energi, PLN Icon Plus Regional Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) menjalin kolaborasi yang strategis dengan PLN UID Sumbar melalui layanan Contact Center.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan dan informasi terkait listrik.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam menyampaikan keluhan atau gangguan.

Pada Selasa (3/9/2024), Tim PLN Icon Plus Sumbagteng melakukan koordinasi dengan PLN UID Sumbar terkait layanan Center Terpusat guna meningkatkan layanan terintegrasi.

PLN Icon Plus Regional Sumatera Bagian Tengah dan PLN UID Sumbar memperkuat sinergi dalam upaya meningkatkan layanan kelistrikan melalui kolaborasi inovatif untuk Contact Center.

Kehadiran Center Terpusat ini merupakan solusi pelayanan PLN UID Sumbar dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di wilayah Sumbar agar lebih cepat dan efektif dalam menangani berbagai permasalahan kelistrikan yang dihadapi masyarakat.

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UID Sumbar, Agung Ary Wibowo menyatakan bahwa kerja sama ini tidak hanya sebatas penyediaan layanan internet, tetapi juga merupakan bagian dari dukungan yang lebih luas dalam mengembangkan ekosistem digital.

“Dengan mengintegrasikan teknologi dan sistem informasi terkini, PLN Icon Plus dan PLN UID Sumbar berkomitmen untuk memberikan respons yang lebih sigap terhadap keluhan pelanggan.

Inisiatif ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap PLN sebagai penyedia energi yang andal,” ujarnya.

General Manager PLN Icon Plus Regional Sumatera Bagian Tengah, Bahru Rodi Ilmawan mengatakan kolaborasi ini merupakan suatu bentuk kepercayaan dan kesempatan dari PLN UID Sumbar untuk ikut serta menjadi bagian dalam meningkatkan layanan internet nantinya kepada masyarakat.

Dia berharap, keikutsertaan PLN Icon Plus dapat membantu pelayanan kepada pelanggan semakin optimal, serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dengan ketersediaan listrik yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Melalui kolaborasi ini, diharapkan pelayanan kepada pelanggan semakin optimal, serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dengan ketersediaan listrik yang lebih baik dan berkelanjutan,” sebut Bahru. 

“Inovasi layanan Contact Center oleh PLN Icon Plus dan PLN UID Sumbar menghadirkan solusi cerdas untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Melalui sistem Contact Center, pelanggan dapat dengan mudah melaporkan gangguan dan mendapatkan informasi terkini mengenai layanan listrik,” katanya.

Menurutnya, sistem Contact Center ini dirancang untuk mempercepat penanganan masalah dan meningkatkan responsivitas tim PLN agar segera menanggapi keluhan pelanggan.

"Dengan memanfaatkan teknologi digital, pelanggan tidak hanya bisa melaporkan masalah melalui Aplikasi (PLN 123), tetapi juga memantau status penyelesaian tiket secara real-time,” ungkap Bahru.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen PLN dalam memberikan layanan terbaik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Diharapkan, inovasi ini dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan publik di sektor kelistrikan.

“Kolaborasi antara PLN Icon Plus dan PLN UID Sumbar membawa banyak keunggulan dalam meningkatkan kualitas layanan listrik di wilayah Sumatera Barat. Dengan sinergi ini, kedua entitas dapat memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang ada untuk layanan kelistrikan,” papar Bahru.

Ini sesuai dengan semangat dan optimisme dari Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rachmat Indra Cahyadi, yang menegaskan jika PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond KWH PLN (Persero) siap mendobrak transformasi digital di Indonesia dengan solusi digital yang dimiliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel